Pages

Selasa, Mei 31

TipS



Tips Memasak Udang

Daging udang sangat lembut, karena itu hindari memasak terlalu lama di atas api. Pakailah api besar supaya udang cepat matang. Jika terlalu lama, akan menyebabkan air tubuh udang yang sebenarnya penuh gizi menjadi larut. Supaya udang rebus tampak cantik kemerah-merahan dan tidak anyir, masukkan setetes cuka ke dalam air



Tips Agar Sawi Hijau Tidak Pahit

Bunda, kadang memasak sawi hijau terlalu matang akan membuat rasanya menjadi pahit. Agar sawi hijau Bunda tidak pahit, perhatikan cara memasaknya berikut ini:
1. Pilih daun sawi hijau yang masih muda dan segar, buang daun yanag terlihat kuning dan berlubang kemudian cuci bersih.
2. Buang bagian batang sawi hijau hingga setengah bagian (mulai dari batang bawah daun hingga akar, potong setengahnya).
3. Masukkan sawi hijau dalam masakan yang sewdang mendidih, masak selama 3 menit. Atau bisa menyeduh sawi hijau secara terpisah dengan air mendidih, tiriskan.
4. Masukkan sawi hijau dalam masakan yang sudah matang, aduk rata.
Sumber: NOVA




Tips Agar Aroma Daun Jeruk Tetap Kuat

Selain sebagai penyedap rasa, daun jeruk juga dimanfaatkan aromanya. Namun, biasanya aroma daun jeruk akan berangsur menghilang karena proses memasak. Agar aroma jeruk tetap kuat walaupun dimasak sampai matang, perhatikan tips berikut ini:
• Pilih daun jeruk purut yang masih segar, daunnya berwarna hijau tua dan bertekstur licin.
• Buang tangkai/tulang daunnya dengan menarik tangkainya ke arah daun sampai daun terbelah dua.
• Jangan mencuci daun jeruk setelah dibuang tangkainya, tapi cucilah sebelum tangkainya dibuang.
Sumber: NOVA



Manfaat Kapur Sirih untuk Masakan

Pada dasarnya, endapan kapur sirihlah yang bisa digunakan untuk mengolah masakan, bukan kapur sirihnya. Air kapur sirih dapat dimanfaatkan untuk olahan masakan yang direbus atau dikukus, sehingga masakan menjadi padat atau kenyal, seperti lontong dan ketupat. Sedangkan untuk olahan yang digoreng,rasanya menjadi lebih renyah dan garing, seperti keripik kentang dan keripik singkong.
Sumber: NOVA



Cara Agar Ayam Panggang Matang Merata

Agar ayam panggang matang merata dan tidak gosong saat dipanggang, ikuti cara berikut ini:
• Campur madu dengan air jeruk manis (1 sdm madu : 3 sdm air jeruk).
• Olesi seluruh badan ayam dengan campuran madu dan air jeruk.
• Bungkus bagian kaki dan kepala ayam dengan aluminium foil.
• Olesi ayam dengan campuran madu dan air jeruk sesering mungkin sambil dibolak-balik sampai ayam matang, terutama pada bagian yang menempel pada wadah.
Sumber: NOVA





Cara Menyimpan Bumbu Kering Agar Awet Disimpan Dalam Waktu Lama

Biasanya, Ibu-ibu membeli bumbu-bumbu kering dalam jumlah yang cukup banyak, karena lebih hemat. Namun, karena disimpan terlalu lama, seringkali bumbu kering menjadi rusak, berubah warna, keluar bubuknya, atau ada hewan kecil-kecil seperti ulat sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk memasak. Cara menyimpan bumbu kering agar awet adalah sebagai berikut:
1. Untuk jenis bumbu merica, ketumbar, jintan, kemiri, adas atau kapulaga, sebaiknya disangrai terlebih dahulu di atas api kecilsambil diaduk selama 30 menit.
2. Untuk jenis bumbu cengkih, pekak, kayu manis, biji pala, dan bunga pala harus dijemur di bawah terik matahari selama 1 hari.
Simpan bumbu yang sudah dikeringkan dalam wadah kaca atau plastik yang benar-benar kering dan rapat. Bumbu kering akan awet disimpan hingga 6 bulan atau lebih.
Sumber: NOVA

Cara Agar Sosis Sapi Tidak Membuat Kuah Sup Menjadi Merah Saat Diolah

Seringkali ketika Bunda mencampurkan sosis ke dalam sup, warna kuah sup menjadi merah seperti warna sosis sapi. Agar warna sosis tidak membuat kuah sup menjadi merah, masukkan sosis pada tahapan terakhir atau sesaat sup akan disajikan. Sosis tidak perlu direbus terlalu lama. Sosis sapi menggunakan sejenis pewarna yang aman untuk dikonsumsi, sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.
Sumber: NOVA

Trik Menyimpan Makanan Berbau Tajam

Terasi, ikan asin, atau ikan teri adalah beberapa makanan yang memiliki bau menusuk. Bau ini bisa mengendap lama di ruangan sehingga akan mengganggu aktivitas. Selain itu, bau tajam dapat mengundang kehadiran binatang seperti tikus. Supaya bau makanan tidak menyebar ke mana-mana, lakukanlah hal ini.

Apabila bahan-bahan makanan tersebut berada dalam kondisi kering, segera masukkan dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah ini memiliki tutup yang erat. Anda bisa membungkusnya lagi dalam kantong plastik. Jika tidak mempunyai wadah semacam ini, simpan bahan makanan dalam kantong plastik bening yang bersih. Bungkuslah beberapa kali dan ikat. Simpan dalam lemari es apabila makanan tidak tahan lama.

Kalau makanan-makanan tadi lembab, Anda harus mengeringkan atau menjemurnya lebih dulu. Kelembaban hanya akan menambah ketajaman bau. Jemurlah selama 10 menit, kemudian simpan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3 komentar:

Zhaynuddin NUr Shaleh mengatakan...

wahhhh kyknya q perlu bljr masak dari blog ini


hem

oh ia salam kenal........ follow juga ych blog ku di www.zhay-chynk.co.cc

good luck

silviaika mengatakan...

yuks belajar bareng yach....
q jg mau belajar dr blog mu OK

Unknown mengatakan...

alhamdulillahh,, sekarang aku baru tau.... makasihh yahh atas info.a


:D

Posting Komentar